Kumpulan tutorial cara membuat sendiri

3 Alat Keren yang Bisa Kamu Buat dari Dinamo Mainan Bekas

Saya yakin sebagian besar dari pembaca saat masih kecil dulu pernah memiliki setidaknya satu atau dua jenis mainan yang menggunakan dinamo dc motor sebagai penggeraknya. Entah itu robot-robotan, mobil-mobilan, atau bahkan mobil tamiya abal-abal harga 12 ribuan kayak punya saya dulu.

Semua mainan itu mungkin sudah kamu buang, atau malah masih ada di gudang karena dilihat jarang tapi dibuang sayang? Karena mainan itu adalah mainan saat kecil dulu, pastinya mainan-mainan itu sudah tak dapat lagi dimainkan, nah mending kamu ambil dinamonya dan didaur ulang saja.

Dari Dinamo Mainan Bekas Kamu Bisa Buat 3 Alat Keren ini
Vacuum Cleaner yang dibuat dari Dinamo Bekas Mainan
(Gambar: Youtube Coverrise)

Seperti yang akan saya bagikan kali ini, 3 alat keren bisa kamu buat dari dinamo bekas mainan seperti yang ada di rumahmu. Memang tak bisa dipungkiri, dinamo mainan atau bisa juga disebut dengan motor dc ini sangat banyak sekali digunakan pada alat sehari-hari.

Bisa dipastikan hampir semua alat modern menggunakan dinamo atau motor sebagai tenaga pengeraknya. Seperti pompa air, vacuum cleaner, kipas angin, dan tentu masih banyak lagi, dan kamu pasti juga sudah mengetahuinya.


Motor DC sendiri setidaknya ada 2 macam. Pertama motor yang menggunakan brush (penghubung kabel listrik dengan rotor) dan motor dc brushless (motor induksi). Ke dua motor dc ini paling banyak digunakan di industri maupun rumah tangga.

Namun motor brushed lebih banyak digunakan karena memiliki harga yang terjangkau bila dibandingkan dengan motor brushless. Namun brussless lebih awet dan tahan lama bila dibandingkan dengan brushed motor.

Nah, kita langsung ke pembahasan utama dari artikel ini, yakni membuat 3 alat keren yang bisa kamu buat menggunakan dinamo mainan bekas. Tiga alat keren tersebut antara lain, kipas angin tanpa listrik, vacuum cleaner, dan saklar otomatis.

Oh ya, semua tutorial ini saya ambil dari kanal youtubenya Agan Coverrise, kamu bisa langsung cek kek kanalnya ya, Oke langsung saja simak tutorialnya berikut ini...

3 Alat Keren yang Bisa Kamu Buat dari Dinamo Mainan Bekas


1. Kipas Angin Tanpa Listrik (Generator Mini)

Pada kipas angin tanpa listrik ini menggunakan 2 motor dinamo bekas mainan. Satu untuk kipasnya, dan yang satunya untuk generator mini yang nantinya akan digerakkan menggunakan tangan. Caranya juga simpel banget kok kamu langsung lihat saja pada gif di bawah ini.

Dari Dinamo Mainan Bekas Kamu Bisa Buat 3 Alat Keren ini

2. Vacuum Cleaner (Penyedot debu) dari Motor Bekas Drone

Kamu pasti tahu drone kan? atau kamu malah punya juga di rumah. Nah drone itu kan terbangnya pakai baling-baling kayak helikopter atau bisa juga disebut propeler. Nah yang menggerakkan propelernya itu motor kecil banget tapi muternya kenceng abis. 

Pakai motor bekas drone seperti itu, kamu bisa membuat sebuah vaccum cleaner mini seperti ini, Sok, mangga ditonton.

Dari Dinamo Mainan Bekas Kamu Bisa Buat 3 Alat Keren ini

3. Saklar Lampu Kamar Elektrik Pakai Remot

Kamu pernah kan udah PW tiduran di ranjang tapi lupa matiin lampu kamar tidur pas malem hari? mau jalan ke saklar males, gak dimatiin juga gak baik, yah gak enak kan. Nah kamu bisa loh membuat alat untuk matiin dan nyalain saklar kamarmu secara otomatis kayak gini.

Dari Dinamo Mainan Bekas Kamu Bisa Buat 3 Alat Keren ini


Semua cara membuat alat keren dari dinamo mainan bekas di atas bisa kamu praktekkan loh di rumahmu. Selain bisa mengesah ketrampilanmu, kamu juga sekaligus melakukan daur ulang yang sangat baik untuk lingkungan kita yang udah kotor ini.

Selain itu, alat dan bahan lain yang dibutuhkan juga sangat mudah untuk didapatkan, jadi kamu gak perlu repot-repot cari kemana-mana. Oke deh, sekian tutorial cara membuat 2 alat keren yang bisa kamu buat dari dinamo motor bekas mainan ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga:

0 Komentar untuk "3 Alat Keren yang Bisa Kamu Buat dari Dinamo Mainan Bekas"

Back To Top