Kumpulan tutorial cara membuat sendiri

Membuat Mesin Amplas Silinder (Drum Sander) dari Bor

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas mengenai alat pertukangan kayu. Setelah kemarin saya berbagi cara membuat alat penyambung kayu yang paing simpel, kali ini saya akan membahas sebuah alat yang biasa digunakan pada tahap penyelesaian (finishing) pada pengerjaan kayu. Alat pertukangan kayu tersebut adalah amplas atau istilah dalam bahasa inggrisnya bisa disebut dengan sander. 

membuat mesin amplas silinder (spindle sander) dari mesin bor
membuat mesin amplas silinder (spindle sander) dari mesin bor (Gambar: youtube.com/watch?v=STvze98zoW8)

Amplas atau sander ini ada banyak jenisnya sesuai dengan kebutuhan atau kegunaan untuk menghaluskan permukaan media yang seperti apa. Misal untuk menghaluskan media yang luas seperti permukaan meja, makan cukup menggunakan belt sander atau amplas sabuk. Bisa juga menggunakan amplas piringan atau disc sander yang bisa menggunakan mesin gerinda sebagai tenaga penggeraknya.


Nah, kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) yang digunakan untuk menghaluskan bagian dalam dari sebuah lubang berbantuk lingkaran. Lubang berbentuk lingkaran ini memang harus menggunakan drum sander atau istilah lainnya adalah spindle sander ini karena memang tidak mungkin juga harus menggunakan amplas biasa. Oke langsung ikuti saja tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor berikut ini.

Tutorial Cara Membuat Mesin Amplas Silinder (Drum Sander) dari Mesin Bor


Tahap pertama yang harus dilakukan untuk membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor ini adalah dengan mempersiapkan bahan dan alatnya terlebuh dulu. Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain adalah mesin bor, kertas amplas, mata bor hole saw dan double tape. Setelah semuanya siap langsung ke tahap pembuatannya saja. Yakni tempel double tape pada kertas amplas.

tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor

Setelah itu tempelkan kertas amplas yang telah ditempel double tape tadi pada mata bor hole saw.

tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor

Hasilnya seperti ini.

tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor

Setelah itu tinggal pasang saja pada mesin bor dan alat amplas drum sander ini siap digunakan untuk menghaluskan permukaan lubang dengan bentuk lingkaran.

tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor

Sangat mudah dan simpel untuk membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor ini. Kita tidak memerlukan alat atau bahan yang sulit dicari. Meski sangat mudah dan simpel seperti itu, mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor ini tetap bisa digunakan seperti mesin spindle sander yang asli yang dijual dengan harga yang sangat mahal. Sekian tutorial cara membuat mesin amplas silinder (drum sander) dari mesin bor ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga:

0 Komentar untuk "Membuat Mesin Amplas Silinder (Drum Sander) dari Bor"

Back To Top